sulit menerima nasehat? Beberapa hal penyebab orang lain tidak mendengarkan nasehat kita

7 views

Kita pasti gak mau kalau teman atau saudara kita celaka, maka dari itu pasti kita selalu berusaha untuk memberiaknnya nasihat agar bisa menjadi yang lebih baik lagi. Akan tetapi sayangnya terkadang bahkan seringnya mereka malah gak mau mendengarkan nasihat dari kita, padahal kita memberitahukan yang bai buat dia agar kedepannya dia bisa lebih baik dan gak akan celaka lagi.

Nasehat baik itu memang gak selalu di terima oleh orang walaupun itu untuk kebaikannya sendiri, mungkin ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan nasihat baik itu agar dia bisa menerimanya dan mendengarkan nasihat itu. Biasanya kita menasehati karna gak mau dia kenapa – kenapa karena kita sudah terlebih dahulu mengalaminya.

orang menasehati tidak di dengar
orang menasehati tidak di dengar

Bila orang lain itu gak mau mendengarkan nasihat baik kita cobalah untuk mencari cara lain yang lebih baik, mungkin kalian belum tau yah gimana caranya. Baik lah disni saya akan berbagi sedikit cara agar kamu bisa mengubah cara menasihati orang lain.

1. Mungkin informasi yang kita ketahui itu tidak sesuai dengan faktanya, ini sih hal yang wajar bila orang lain tidak mau mendengarkan nasihat dari kita, karena nasihat tersebut tidak sesuai dengan fakta dirinya sendiri. Mungkin kita menasehatinya untuk tidak merokok padahal kenyataannya dya memang tidak merokok pastinya dya akan marah dan tidak mau mendengarkan nasehat kita. Untuk bisa di terima orang lain coba lah menyampaikan nasehat itu memnag yang sesuai dengan apa yang di lakukannya. Kalau seprti di atas itu namanya kita mengada – ngada. Jadi pastikan kita mendalami fakta dari seseorang itu terlebih dahulu sebelum melakukan penilaian dan memberiakn nasehat.

2. Kita sendiri melakukannya, ini adalah hal yang sangat buruk akibatnya, jika kita menasehati seseorang untuk bisa berbuat baik akan tetapi diri kita sendiri tidak berbuat baik malah berbuat jahat maka gak usah heran kalau orang itu gak mau mendengarkan nasehat dari kita. Jadi pastikanlah apa yang akan kita nasehatkan itu tidak bertentangan dengan apa yang akan kita lakukan. Bahkan kalau pu isa kita sudah melakukannya apa yang kita nasehatkan kepada orang lain.

3. Jangan menasehati di depan umum, nah hal ini bisanya banyak terjadi di nasehati di dapan umum, pastinya dya gak mau mendengarkan karena dia pasti malu di nasehati di depan umu apa lagi bila kita menasehatinya dengan kata – kata yang agak kasar. Kita perlu pahami bahwa ada saatnya kita perlu menasehati seseorang di depan umum tapi ada juga saatnya harus di belakang saja. Bila yang di lakukan itu berdampak buruk bagi orang lain boleh lah untuk menasehatinya di depan umum, taoi jika itu untuk kepentingannya pribadi coba lah untuk menasehatinya di belakang saja agar dya mau mendengarkannya.

4. Menasehatinya disaat yang tidak tepat, ini kesalahan yang sering terjadi, mungkin kita menasehatinya disaat yang tidak tepat mungkin saja di saat itu dya sedang capek, banyak kerjaan dan banyak fikiran atau yang lian – lain. Kita harus betul – betul memperhatikan situasi dan kondisi seseorang itu sbelum kita memberikannya nasehat. Bisa jadi saat kita memberinya nasehat dia baru pulang dari luar dan dia sedang jenuh dan suntuk sehingga membuat dia inginkan adalah hanya beristirahat, dan jangan lagi nambah bebannya yah.

Nah itu lah bebrapa hal yang kadang bisa membuat seseorang itu menolak nasehat dari kit. Dan dengan beigi kita jadi tahu apa yang harus di petbaiki agar seseorang itu meu mendengarkan nasehat dari kita..semoga bernanfaat yah buat teman – teman ku semuanya.

Demikian Tentang.. “sulit menerima nasehat? Beberapa hal penyebab orang lain tidak mendengarkan nasehat kita” LIhat juga : Manfaat Mandi subuh

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *