apakah nama jamur yang dapat menyebabkan penyakit dermatomikosis

4 views

Nama jamur yang dapat menyebabkan penyakit dermatomikosis adalah jamur dermatophyta atau dalam pengucapan bahasa indonesia disebut dermatovita (microsporon, epidermophyton dan trycophyton)
Itulah jawaban tentang pertanyaan kawan yang banyak ditanyakan yaitu : apakah nama jamur yang dapat menyebabkan penyakit dermatomikosis ?

Dermatomikosis adalah infeksi jamur yang menyerang kulit, sedangkan dermatofitosis adalah penyakit pada jaringan yang mengandung zat tanduk. Jamur penyebabnya ada dua yaitu jamur komensal (Candida sp. , Malassezia sp.) dan jamur non komensal (dermatofita, jamur kapang/mold). Trauma merupakan port d’entree untuk masuknya jamur ke dalam kulit. Dermatomikosis terbagi menjadi tipe superfisial dan profunda.

Tipe superfisial terbagi menjadi dermatofitosis (tinea) dan non dermatofitosis (pitiriasis versikolor, otomikosis). Tipe profunda, antara lain kandidosis dan sporotrikosis. Kandidiasis terdapat di seluruh dunia, mengenai selaput lendiri berupa oral thrush, perleche, vulvovaginitis, balanitis/balanopostitis, kandidosis mukokutan kronis, kandidosis bronkopulmonal dan paru. Penatalaksanaannya dengan mengeliminasi faktor predisposisi dan presipitasi. Secara khusus dengan antijamur baik topikal maupun sistemik. Topikal dengan dengan gentian violet 0.5 – 1 % untuk selaput lendir, dan 1 – 2 % untuk kulit. Pitiriasis versikolor terjadi pada stratum korneum akibat Malassezia. Keluhan subjektif jarang, hanya ada gangguan kosmetik. Tinea korporis adalah dermatofitosis pada kulit tubuh tidak berambut. Tinea kruris disebut juga ringworm of the groin, jock itch, atau ezema marginatum. Sporotrikosis sering terjadi pada pekerja tambang. Larutan KI jenuh dan itrakonazol masih dianggap efektif untuk infeksi jamur ini.

Add a Comment