Pengertian HP Replika, BM, dan Refurbish serta masing-masing perbedaannya

Pengertian dan perbedaan HP Replika, BM, dan Refurbish:

• HP Black Market (BM)
Hp black market sebenarnya merupakan Hp orisinil namun ia dipasarkan secara ilegal. Hal ini disebabkan karena proses impor dari Hp tersebut tidak melewati bea cukai sehingga tidak dikenakan pajak.

Hp Black market dibedakan menjadi dua macam, yaitu Hp Black market Brand New dan Hp Black market Rekondisi atau Refurbish. HP Blackmarket Brand New merupakan Hp yang benar-benar asli dan juga baru, hanya saja ia datang ke Indonesia tanpa melewati bea cukai sehingga garansi dari Hp tersebut tidak dapat digunakan di Indonesia melainkan harus di Negara asal dari Hp tersebut.

Yang kedua adalah Hp Blackmarket Rekondisi atau Refurbish. Berbeda dengan Hp Blackmarket Brand New, Hp BM jenis ini merupakan Hp second atau bekas yang dibawa dari luar Indonesia dan kemudian dimodifikasi sedemikian rupa hingga terlihat baru namun keadaan mesinnya masih sama.

Jika anda membeli Hp jenis ini, anda akan dikenakan garansi sekitar 1-4 minggu saja. Garansi ini diberikan jika terjadi kerusakan yang bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna. Jika terjadi kerusakan sebelum masa berlaku garansi selesai, maka biasanya akan diberi garansi berupa replace atau ganti barang baru.

Selain ilegal, Hp BM juga memiliki kelemahan pada fitur keypad nya. Contohnya jika barang tersebut diimpor dari China, maka secara otomatis Hp tersebut juga akan menggunakan bahasa China pada menu dan fiturnya. Dan karena Hp ini tidak memiliki hak beredar dan garansi di Indonesia, maka bahasa di Hp ini pun juga tidak bisa diganti dengan bahasa Indonesia.

Lalu, apakah black market merupakan sebuah tindakan yang melanggar hukum? Tentu tidak bagi si pembeli, namun bagi si pengedar bisnis Hp black market merupakan tindak pelanggaran hukum yang keras. Oleh karena itu, kebanyakan para pengedar Hp BM lebih memilih untuk memasarkan produknya lewat online tanpa mau melakukan COD terlebih dahulu. Selain itu, Hp BM juga sangat susah untuk dicari di toko-toko offline ataupun agen resmi dari hp tersebut.

•Hp Refurbished
HP refurbished merupakan HP orisinil yang statusnya mengalami rekondisi. Rekondisi adalah hp yang sudah pernah dipakai sebelumnya namun mengalami kerusakan ketika masih berada dalam masa garansi resmi. Oleh service center, Hp yang rusak tersebut diganti dengan yang baru dan yang lama akan diperbaiki kembali hingga kembali seperti sedia kala.

Hp yang kembali seperti baru tersebut kemudian dijual dengan harga yang lebih murah sekitar 50% dari aslinya. Lalu bagaimana cara mengenalinya? Tenang, meskipun Hp refurbished cukup sulit untuk dikenali, namun semua penjual Hp refurbished ini pasti akan berkata jujur bahwa ia telah menjual hp refurbished. Anda hanya perlu lebih jeli untuk memilih toko yang sudah terpercaya dan tentunya juga bertanggung jawab.

•Hp Replika
Hp replika sering juga disebut Hp kw2, supercopy dan masih banyak lagi. Hp replika adalah sebuah produk hp yang dibuat mirip dengan aslinya namun dijual 50% lebih murah dari aslinya. Merk besar seperti i phone, Samsung hingga Xiaomi merupakan merk Hp yang sering menjadi sasaran pembuatan Hp replika oleh oknum tak bertanggung jawab.
Jenis Hp replika dari merk-merk terkenal tersebut kini kian merajai pasar gadged di Indonesia. Harganya yang murah dan bampir mirip dengan aslinya membuat Hp replika kian laris dan diburu oleh banyak pengguna smartphone.

Hp replika kini sudah menggunakan sistem operasi yang sama dengan Hp aslinya. Contohnya seperti Samsung, Hp replika jenis Samsung sudah dilengkapi dengan os android jelly bean yang memungkinkan tampilan navigasinya sama persis dengan aslinya. Selain itu, Hp replika juga memiliki desain, aksesoris dan fiturnya yang sama seperti Hp aslinya. Namun walau memliki kesamaan yang hampir 100%, untuk kualitas dan fitur nya, Hp replika jelas masih kalah dengan Hp aslinya. Hal ini bisa dilihat dari hasil kamera, kecerahan, ketahanan baterai dan juga ketahanan mesinnya.

Nah, bagaimana? Sudah jelas bukan? Mulai saat ini, belajarlah bijak dalam memilih dan menentukan sesuatu, memiliki smartphone impian dengan harga yang miring memang menjadi daya tarik tersendiri  bagi kebanyakan orang. Namun bagaimana jika ternyata Hp tersebut palsu dan ilegal? Pastinya akan merugikan kita bukan? Meskipun mahal, membeli Hp asli jelas memiliki banyak keuntungan. Selain aman, Hp asli juga memilki garansi yang berjarak antara 1-2 tahun sejak pembelian. Selain itu jaminan kulitas dan fiturnya juga sudah pasti jelas dan terjamin. Semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *