Panduan yang Benar Dalam Memilih, Merawat, Serta Mengatasi Flashdisk Saat Corrupt

 Panduan yang Benar Dalam Memilih, Merawat, Serta Mengatasi Flashdisk Saat Corrupt.
ilustrasi
Panduan yang Benar Dalam Memilih, Merawat, Serta Mengatasi Flashdisk Saat Corrupt.

Flashdisk merupakan alat yang sangat penting untuk kepentingan penyimpanan data atau pun mentransfer file, terutama file – file berukuran besar yang tidak mampu ditransfer melalui jaringan bluetooth atau konektivitas lain.

Hampir setiap pengguna komputer atau laptop saat ini telah memiliki flashdisk. Namun sayangnya banyak dari mereka yang mengeluh flashdisk miliknya mudah rusak dan tidak tahan lama. Ini biasanya dikarenakan para pengguna flashdisk tidak cermat dalam memilih dan merawat flashdisk tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memilih, merawat, dan mengatasi flashdisk saat terjadi corrupt. Siapa tahu informasi di bawah ini sedang Anda butuhkan . Silahkan disimak:

A. Tips memilih flashdisk

1. Perhatikan casingnya
Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika membeli flashdisk adalah teliti casingnya. Ini dikarenakan casing adalah komponen pertama yang melindungi flashdisk dari benturan, terjatuh, terkena air, dll. Maka dari itu pilihlah casing yang kuat, tahan banting, dan memiliki desain unik sesuai selera.

2. Perhatikan merk
Merk flashdisk juga sangat menentukan keawetan flashdisk tersebut. Disarankan untuk memilih flashdisk dengan merk yang sudah terkenal dan terbukti kualitasnya seperti Toshiba, sandisk, Kingston, Transcend, dll. Pastikan juga flashdisk yang Anda beli merupakan produk original dan bukan supercopy.

3. Kecepatan transfer data
Ini juga penting. Flashdisk dengan kecepatan transfer data yang lambat hanya akan membuang-buang waktu Anda terutama ketika mentransfer file dengan ukuran besar. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menanyakan atau mengecek dahulu kecepatan transfer data flashdisk yang hendak Anda beli.

4. Fitur keamanan
Saat memilih flashdisk, sangat dianjurkan untuk memilih flashdisk yang memiliki security system handal. Sekarang ini beberapa flashdisk sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan yang memadai. Ini bertujuan untuk memproteksi data-data di dalam flashdisk Anda agar tidak mudah hilang serta terserang virus.

B. Tips merawat flashdisk

1. Biasakan mengeject
Ini adalah hal penting yang banyak dilanggar oleh pengguna flashdisk. Sebelum melepas flashdisk dari port USB, sangat diwajibkan untuk melakukan eject manual dari dekstop atau windows eksplorer. Ini bertujuan untuk menghindarkan flashdisk dari corrupt sekaligus melindungi data-data di dalamnya.

2. Jauhkan dari barang elektronik
Simpan flasdisk Anda di tempat yang jauh dari barang elektronik. Ini dikarenakan peralatan elektronik memiliki daya magnet yang kuat yang mampu mengganggu kinerja flashdisk serta bisa merusak data-data didalamnya.

3. Scan virus berkala
Salah satu penyebab terbesar kerusakan flashdisk adalah serangan virus. Tidak semua virus dapat terdeteksi oleh scanner otomatis pada antivirus yang terinstall di komputer anda. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan scanning flashdisk manual secara berkala untuk menghindarkan flashdisk dari kerusakan akibat virus.

4. Selalu tutup flashdisk
Walaupun terdengar sepele, namun penutup flashdisk memiliki peran yang cukup vital dalam melindungi flashdisk dari berbagai debu dan kotoran yang masuk dan berpotensi merusak sistem di dalam flashdisk itu sendiri. Untuk itu usahakan untuk selalu menutup flashdisk ketika tidak digunakan.

C. Tips mengatasi flashdisk corrupt
Jika semua tips di atas sudah Anda lakukan namun flashdisk Anda masih mengalami corrupt, Anda tidak perlu khawatir dan jangan terburu – buru membuang flashdisk tersebut. Berikut ini akan kami berikan solusi yang bisa Anda coba untuk memperbaiki flashdisk yang corrupt.

1. Windows check disk
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi corrupt pada flashdisk adalah dengan memanfaatkan fitur windows check disk pada komputer. Namun cara ini hanya bisa Anda lakukan jika flashdisk tersebut masih bisa terbaca oleh komputer. Langkah – langkahnya :

  1. Pasang flashdisk yang corrupt pada port USB yang tersedia
  2. Klik kanan pada icon flashdisk, lalu pilih properties – tools – check now
  3. Pada tab terbuka, Centang kotak opsi recovery of bad sectors dan automatically fix file system errors
  4. Tunggu hingga proses selesai.

2. CMD
Jika flashdisk Anda tidak dapat terbaca di windows eksplorer, maka terpaksa Anda harus menggunakan cara kedua ini, dengan resiko Anda harus merelakan seluruh datanya hilang terformat. Berikut langkah – langkahnya.

  1. Buka CMD seperti biasa
  2. Pasangkan flashdisk yang corrupt pada portusb
  3. Pada tab yang tersedia, ketik FORMAT H:/ FS:FAT lalu enter

3. Computer management
Jika kedua opsi diatas masih belum bekerja, Anda bisa mencoba cara yang ketiga ini dengan resiko yang sama seperti CMD, yaitu flashdisk Anda harus terformat. Caranya :

  1. Pasangkan flashdisk pada port USB
  2. Masuk ke Run lalu ketik compmgmt.msc lalu enter
  3. Klik pada storage lalu pilih Disk Management
  4. Jika flashdisk Anda berhasil dideteksi disini, langsung klik kanan, create partition lalu klik kanan lagi, dan format.

Itulah beberapa tips memilih, merawat, dan mengatasi masalah pada flashdisk. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *