Inilah 7 Virus Komputer Paling Berbahaya dalam Sejarah

virus
virus

Tidak hanya tubuh manusia, Komputer atau laptop pun bisa terkena virus. Namun virus komputer bukanlah berasal dari bakteri atau organisme patogen, melainkan dari pemrograman yang dirancang khusus untuk merusak suatu sistem komputer dengan cara menghapus file, mengacaukan data, dan lain – lain. Bahkan beberapa virus mampu merusak komputer secara total hingga tidak bisa diperbaiki lagi.

Mengingat virus komputer memiliki sifat kejam, banyak pengguna komputer yang takut dan mempersenjatai komputer atau laptop mereka dengan berbagai anti virus yang kuat. Namun terkadang virus – virus tersebut lebih kuat dari sistem pertahanan yang dimiliki komputer sehingga mereka tetap bisa masuk dan merusak sistem.

Dari sekian banyak virus, ada beberapa virus komputer yang terkenal sangat berbahaya dan amat ditakuti setiap user. Apa saja virus – virus tersebut, berikut kami berikan daftar virus paling berbahaya dalam sejarah komputer.

Virus paling berbahaya dalam sejarah komputer:

1. Storm Worm
Virus paling mematikan pertama ini bernama Storm worm yang pertama kali muncul dan beredar melalui email pada tahun 2006. Pada masa tersebut, banyak pengguna komputer yang mengeluh karena mereka menerima spam email dengan pesan 230 dead as storm batters Eropa. Namun banyak yang tidak tahu kalau email tersebut adalah virus storm worm.

Jika user mengklik link itu, maka secara otomatis virus akan menginfeksi komputer. Lebih berbahanya lagi, komputer yang telah terinfeksi dapat dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan virus ini ke email – email lain.

2. Code Red
Virus berbahaya dalam sejarah komputer yang kedua adalah Code Red. Virus yang pertama kali beredar pada bulan Juni 2001 ini menginfeksi komputer dengan cara memanfaatkan celah yang ada pada Microsoft Internet Information Server.

Yang membuat virus ini amat berbahaya adalah kemampuan penyebarannya yang luar biasa, Code red mampu menyebar hanya dengan melalui koneksi internet dan link – link jebakan. Jika suatu komputer sudah terinfeksi, maka halaman web yang sedang terbuka saat itu langsung force close dan sistem operasi komputer menjadi kacau.

Pada masa kejayaannya, virus ini berhasil merusak lebih dari 400.000 server dan menyebabkan kerugian mencapai 2,6 miliar dolar Amerika.

3. Morris
Virus ini merupakan salah satu virus kuno, karena pertama kali menyebar pada bulan November 1988. Pada masa itu, Morris adalah virus yang sangat ditakuti. Bahkan karena kehebatannya, Morris mampu menginfeksi lebih dari 6000 komputer di Amerika Serikat sekaligus menimbulkan kerugian mencapai USD 100 juta.

Bahkan komputer milik NASA yang terkenal memiliki sistem proteksi yang canggih pun mampu ditembus oleh Morris. Berkat kekejaman dan daya sebar dari Morris, virus ini akhirnya diabadikan dalam floppy disk serta dipamerkan pada Boston Museum of Science.

4. I Love you
Virus bernama I Love You ini merupakan virus pertama yang memanfaatkan rekayasa sosial untuk menjebak korbannya agar mengklik link yang disematkan dalam email. Calon korban akan mengira ada penggemar rahasia yang mengirimkannya surat cinta, namun ketika dibuka, komputer akan terinfeksi virus yang akan menghapus berbagai data penting, serta menyebarkannya ke kontak email yang dimiliki pengguna.
Virus ini menyebar dengan mengirimkan spam email bersubject ILOVEYOU dengan pesan manis di dalamnya. Karena itu lah virus ini disebut juga dengan Love Letter virus.

5. Fizzer
Jika kebanyakan virus memiliki tujuan merusak sistem dan menghapus data, lain halnya dengan Fizzer. Virus yang satu ini memiliki tujuan yang lebih kejam lagi, yaitu mencuri uang. Sampai saat ini pun cara kerja Fizzer belum diketahui, namun hacker dibalik virus ini diperkirakan sudah mendapatkan banyak keuntungan dari malware ciptaannya.

Bisa dibilang virus Fizzer adalah virus kriminal terhebat yang pernah ada. Saking hebatnya, pihak Microsoft sampai harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini. Perusahaan ternama pimpinan Bill Gates tersebut membuat sayembara berhadiah $250.000 untuk siapa saja yang mampu menemukan pencipta Fizzer.

6. Melissa
Melissa adalah virus komputer terhebat dalam sejarah. Virus ini menyebar melalui spam email. Jika link email tersebut diklik, maka virus akan merusak operating system dan lebih parahnya lagi komputer bisa mati total dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Bahkan pada bulan Maret 1999 berita-berita diseluruh dunia menjadikan Melissa sebagai headline mereka. Ini dikarenakan pada saat itu virus ini menginfeksi lebih dari 20% komputer di dunia dalam waktu yang sangat singkat.

7. CIH
Virus ini terbilang berbahaya karena mampu beroperasi diam-diam tanpa terdeteksi anti virus. Pada kasus yang lebih parah, CIH dapat mengacaukan BIOS yang berakibat komputer tidak mampu melakukan booting.

Itulah beberapa jenis virus yang terkenal paling berbahaya dalam sejarah komputer di dunia. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *