Perbedaan Windows 32 dan 64 bit

Perbedaan Windows 32 dan 64 bit
Perbedaan Windows 32 dan 64 bit

Sistem operasi Windows saat ini dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang paling banyak diaplikasikan pada setiap komputer. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa Windows sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu Windows 32 dan 64 bit. Walaupun banyak pengguna komputer telah tahu mengenai hal ini, tapi kami yakin hanya sedikit yang tahu seputar windows 32 dan 64 tersebut, serta apa saja perbedaanya.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas topik tersebut untuk pembaca semua. Silahkan disimak
Perbedaan Windows 32 dan 64 Bit:

1. Kapasitas RAM

Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis Windows tersebut adalah kemampuannya untuk dapat menyokong memori RAM yang terdapat pada komputer. Windows 32 bit hanya dapat menampung memori RAM dengan kapasitas rendah, yaitu kurang dari 4GB. Bahkan apabila pengguna menggunakan memori berkapasitas 4GB, windows 32 bit hanya dapat membaca 2,9GB dari kapasitas keseluruhan memori tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan windows 64 bit yang mana mampu menampung memori RAM dengan kapasitas besar yang tak terbatas sehingga dapat membaca kapasitas memori secara keseluruhan dengan maksimal.

2. Jenis processor

Perbedaan selanjutnya dari windows 32 dan 64 bit adalah terletak pada processor yang digunakan oleh komputer itu sendiri. Pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows 32 bit maka biasanya processor yang disematkan adalah processor dengan jenis yang tidak terlalu cepat karena memang dikhususkan bagi para pengguna yang menggunakan komputer hanya untuk kebutuhan sederhana seperti misalnya browsing internet, menonton film, dan mengetik di microsoft office.

Hal ini jauh berbeda dengan komputer yang menggunakan sistem operasi windows 64 yang mana biasanya ditenagai dengan processor mumpuni sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti misalnya desain grafis, edit video, atau bahkan bermain game berat dengan grafis visual yang tinggi.

3. Banyaknya data yang dapat diolah

Perbedaan ketiga dari windows 32 dan 64 bit adalah banyaknya data yang dapat diolah pada setiap putarannya. Jadi untuk komputer dengan sistem operasi windows 32 bit dapat mengolah 32 data secara bersamaan dalam setiap putarannya. Begitupun sebaliknya dengan komputer yang memakai sistem operasi 64 bit, yaitu dapat mengolah 64 data secara bersamaan dalam tiap putarannya.

Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi performa dari komputer itu sendiri sehingga dapat dikatakan jika windows 64 bit dapat memberikan performa yang jauh lebih maksimal dalam segi pengolahan data.

4. Fitur yang berbeda

Sistem operasi windows 64 bit membawakan fitur yang berbeda dari windows 32 bit, beberapa fitur diantaranya adalah:

  1. Fitur keamanan : Pada windows 64 bit sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang jauh lebih baik yaitu pengguna dapat melindungi lalu lintas data yang terdapat pada sistem operasi windows itu sendiri.
  2. Penghapusan kompatibilitas pada aplikasi berbasis 16 bit: Fitur yang satu ini sebenarnya dapat dikategorikan sebagai fitur yang membawa kelemahan untuk windows 64 bit itu sendiri. Hal ini dikarenakan windows 64 bit tidak akan kompatibel dengan berbagai aplikasi yang berbasis sistem 16 bit sehingga tentunya akan membuat pengguna semakin terbatas dalam mengakses beberapa aplikasi.

5. Jenis software

Hal terakhir yang semakin menciptakan jurang pembeda antara windows 32 dan 64 bit adalah kompatibilitas dari software yang dapat diinstal. Untuk komputer yang menggunakan sistem operasi windows 32 bit maka akan terkendala saat ingin menginstall software berat yang mana dikhususkan untuk windows dengan 64 bit. Namun berbeda dengan windows 64 bit yang kompatibel dengan berbagai jenis software, baik itu ringan atau berat.

Setelah membaca ulasan diatas tentu para pengguna komputer dengan sistem operasi windows akan menyimpulkan jika windows 64 bit lebih baik daripada windows 32 bit. Hal itu sebenarnya tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar dikarenakan windows 32 bit sebenarnya memiliki kelebihannya tersendiri sehingga masih cukup banyak pengguna komputer yang setia menggunakan sistem operasi ini.

Lalu apa sajakah kelebihan dari windows 32 ini? Silahkan simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya:

Kelebihan dari Windows 32 bit

Walaupun windows 32 bit adalah keluaran seri terdahulu namun hal ini tidak serta-merta membuatnya tidak memiliki kelebihan dibanding windows 64 bit. Kelebihan dari windows 32 bit adalah dapat menjalankan berbagai software ringan berbasis 16 bit dengan maksimal yang mana pada windows 64 bit hal ini sudah tidak lagi dapat dilakukan.

Selain itu pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows 32 bit dapat berjalan secara optimal walaupun RAM yang digunakan berkapasitas rendah, yaitu tidak lebih dari 4GB.

Jadi kesimpulannya adalah sistem operasi windows 32 dan 64 bit sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri sehingga pengguna dapat memilih berdasarkan kebutuhan yang akan digunakan pada komputer itu sendiri. Demikianlah ulasan yang dapat dibagikan seputar perbedaan windows 32 dan 64 bit ini, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *