Pengertian dan Perbedaan Antara FAT32, NTFS, Serta ExFAT

Pengertian dan Perbedaan Antara FAT32, NTFS, Serta ExFAT
Pengertian dan Perbedaan Antara FAT32, NTFS, Serta ExFAT

Saat sedang memformat sebuah drive internal maupun eksternal seperti flashdisk ataupun hardisk maka sistem operasi windows pada komputer akan memberi beberapa pilihan format, yaitu NTFS, FAT32, atau exFAT. Seringkali kita tidak sadar dan tidak mengetahui apa perbedaan diantara ke-3 jenis partisi format tersebut, hal ini wajar saja karena windows sendiri memang tidak menjelaskan mengenai hal itu.

Oleh karena itu untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada pembaca maka disini akan kami bagikan ulasan mengenai perbedaan dari NTFS, FAT32, dan exFAT. Nah, berikut ulasannya:

Perbedaan dari FAT32, NTFS, dan exFAT

1. FAT32

FAT32 adalah sebuah file sistem yang pertama kali diciptakan oleh windows pada tahun 90an untuk memformat sebuah drive eksternal seperti misalnya flashdisk. Jadi, untuk mendapatkan kompabilitas maksimal dari sebuah flashdisk yang baru saja akan digunakan dapat memformatnya dengan partisi FAT32 ini sehingga flashdisk tersebut dapat digunakan pada komputer lama maupun terbaru.

Oleh karena FAT32 merupakan file sistem pertama yang diciptakan oleh windows maka tidak heran jika FAT32 masih memiliki beberapa kekurangan, seperti misalnya kapasitas maksimum yang bisa ditampung hanya sebesar 4GB sehingga drive eksternal semacam hardisk dengan kapasitas besar tidak akan bisa diformat menggunakan FAT32, bahkan flashdisk dengan kapasitas 8GB pun tidak akan terbaca oleh FAT32.

Namun disisilain FAT32 sendiri sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup baik sehingga pengguna tidak akan mengalami gangguan dan kerusakan sistem saat sedang memformat sebuah flashdisk.

2. NTFS

NTFS adalah sebuah file sistem yang dapat dijumpai pada setiap sistem operasi windows saat ini. Jika sebelumnya sudah membahas FAT32 yang diciptakan pada tahun 90an maka dapat dikatakan jika NTFS adalah file sistem pembaharuan dari generasi sebelumnya yang tentunya sudah disempurnakan.

NTFS sendiri hadir dengan batasan limit tak terbatas yang mana itu artinya pengguna dapat memformat sebuah drive eksternal dengan kapasitas sebesar apapun sehingga tidak hanya flashdisk, hardisk eksternal berkapasitas super besar pun dapat diformat dengan NTFS secara maksimal.

Hal tersebut tentunya semakin memantapkan posisi NTFS untuk mengungguli generasi terdahulu seperti FAT32 yang mana hanya dapat memformat drive eksternal dengan batasan limit sebesar 4GB.

NTFS juga hadir dengan berbagai fitur yang tentunya semakin memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitasnya, seperti shadow copy, encription, permission file for security, recovery error, dan hard link.

Namun disisilain dari segala kelebihan yang ditawarkan, NTFS juga memiliki kelemahan, yaitu tidak dapat dijalankan pada sistem operasi selain windows yang mana itu berarti sistem Mac dan Linux tidak akan bisa merasakan manfaat dari NTFS ini. Tetapi untuk menutupi kekurangan tersebut pihak microsoft sudah memberikan fitur ‘Read-only’ kepada NTFS saat dijalankan pada sistem operasi selain windows.

3. exFAT

exFAT adalah sebuah file sistem yang diciptakan oleh microsoft pada tahun 2006 yang mana hadir untuk sistem operasi windows tahun 2006 keatas sehingga dapat dikatakan jika exFAT adalah file sistem terbaru dari generasi terdahulu seperti FAT32 dan NTFS.

Sejak exFAT resmi dirilis pada tahun 2006 lalu, hingga kini sudah banyak vendor yang mengatakan jika exFAT adalah sebuah file sistem terbaik yang dapat dimasukkan kedalam berbagai firmware dengan daya yang kecil dan memori rendah sehingga tidak heran jika hampir seluruh vendor tersebut menyetujui lisensi dari exFAT secara resmi.

exFAT sendiri adalah sebuah file sistem yang memang diciptakan untuk dapat bekerja optimal pada drive eksternal berupa flashdisk, namun walaupun demikian exFAT hadir tanpa batasan limit sehingga mampu memuat kapasitas sebesar apapun.

Selain itu, exFAT juga jauh lebih kompatibel sehingga dapat dijalankan pada seluruh sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Hal ini pun lantas menjadikan posisi exFAT lebih unggul daripada seri NTFS terdahulu yang mana hanya dapat dijalankan pada operation system Windows saja.

Disisi lain jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu NTFS maka dapat dikatakan jika exFAT hadir dengan lebih sederhana, yakni tanpa adanya tambahan fitur-fitur yang sebelumnya ada pada NTFS. Hal inilah yang kemudian dianggap sebagian pengguna sebagai salah satu kelemahan dari exFAT, walaupun banyak juga pengguna yang mengatakan exFAT memiliki kinerja lebih maksimal dari seri terdahulu.

Kesimpulan dari perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT
Dari ke-3 file sistem yang sudah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan jika FAT32 merupakan sistem terbaik untuk memformat drive eksternal berkapasitas rendah seperti halnya flashdisk. Namun jika Anda ingin memformat sebuah drive dengan kapasitas besar seperti misalnya hardisk eksternal maka NTFS adalah pilihan yang paling tepat.
Sedangkan untuk exFAT adalah sistem yang paling ideal digunakan sebagai sistem format sebuah drive eksternal berupa flashdisk dengan kapasitas lebih besar dari 4GB.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *