Panduan Membersihkan Virus dan Malware Pada Komputer

Dua hal yang paling menjengkelkan para pengguna komputer pribadi (PC) atau laptop adalah virus dan malware. Virus umumnya akan membuat komputer Anda bertingkah aneh, dari tiba-tiba performa menjadi lambat, data tiba-tiba menghilang, dan bahkan bisa sampai komputer menjadi tidak berfungsi.

Virus ialah sekumpulan kode program komputer yang mampu menggandakan diri dan umumnya bersifat merusak pada komputer yang disinggahinya, seperti mengacaukan sistem operasinya atau merusak data-sata yang ada di dalamnya. Sementara itu, malware adalah suatu software yang sengaja dibuat untuk merusak sistem operasi komputer. Dalam kaitannya dengan malware, virus adalah sebangsa malware yang bisa menggandakan diri.

Malware dan virus bisa diam-diam menjangkiti PC atau laptop kita dan merusaknya secara pelahan. Walau begitu, kita bisa mengetahui tanda-tanda suatu virus atau malware telah menginfeksi komputer. Berikut ini adalah beberapa tandanya.

Berikut Ini Adalah Beberapa Tanda Komputer Terserang Virus
1. Memori drive tiba-tiba berkurang
Tiba-tiba saja memori pada drive berkurang walau kita tidak mengisinya dengan data berkapasitas tinggi. Ini diakibatkan oleh virus yang terus menggandakan diri, sehingga memakan ruang memori drive.

2. Banyak file yang rusak (corrupt)
Komputer yang terserang virus umumnya akan mengalami kerusakan pada file-file-nya. Kerusakan ini bisa bersifat bersifat tiba-tiba atau secara lambat. Kerusakan disebabkan karena virus menyerang setiap file, merusaknya, atau menggantikan isi file dengan salinannya.

3. Harddisk rusak
Jika file-fie telah terinfeksi virus, giliran selanjutnya yang rusak (corrupt) adalah hardisk, sehingga harddisk bisa mengalami perubahan format atau bahkan tidak berfungsi.

4. File tiba-tiba menghilang atau tak bisa dibuka
Mungkin Anda pernah mengalaminya: file yang sering kita buka tiba-tiba menghilang. Jika melalui fitur ‘Search’ kita masih bisa menemukannya walau dalam posisi hidden (disembunyikan) dan tak bisa dibuka, maka komputer Anda terkena virus.

5. Komputer merestart dengan sendirinya secara tiba-tiba
Jumlah virus yang sudah terlalu banyak terkadang membuat sistem operasi tidak seimbang dan membuat komputer yang sedang menyala tiba-tiba melakukan restart ulang.

6. Ada program-program yang tidak berfungsi
Virus bisa menghapus sebuah file di dalam suatu program komputer sehingga membuat program tersebut tidak berfungsi secara sempurna, mengalami ‘crash,’ atau bahkan bisa tidak berjalan samasekali.

7. Software Antivirus mati tanpa sebab
Jika software antivirus andalan Anda tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa diaktifkan kembali, maka boleh jadi virus sedang beraksi. Virus telah mematikan sistem antivirus, sehingga kita tak bisa lagi menggunakannya untuk pembersihan. Selain itu, program aplikasi maintenance bawaan komputer seperti Windows Update, Task Manager, atau bahkan system restore juga ikut tak berfungsi.

8. File-file aneh bermunculan
Jika pada drive Anda tiba-tiba bermunculan file dengan nama aneh, maka boleh jadi itu adalah pekerjaan virus. Ile-file ini merupakan hasil penggandaan diri dari virus yang kemudian membuat folder dengan nama-nama aneh.

Beberapa Tanda Komputer telah Terserang Malware

1. Komputer menjadi lamban
Nah, ini adalah salah satu tanda jika komputer Anda terserang malware. Komputer tiba-tiba menjadi lamban dan bahkan membutuhkan waktu lama untuk membuka sebuah program sederhana saja. Hal ini disebabkan malware menyerang beberapa program komputer dan membuatnya berjalan secara otomatis tanpa kita sadari. Akibatnya komputer menjadi lamban.

2. Tollbar aneh bermunculan
Jika tampilan muka mesin pencari, misalnya Google, tiba-tiba memiliki toolbar baru yang aneh, lengkap dengan pesan-pesan yang aneh pula, maka kemungkinan besar komputer Anda telah diserang malware. Selain itu, jika tampilan muka mesin pencari juga berubah drastis dan sangat beda dari biasanya, maka itu pun juga ulah malware pula.

Tips Agar Komputer Terhindar Dari Serangan Virus/Malware
Walau menyebalkan dan membuat khawatir, untungnya virus/malware bisa dihindari atau diatasi. Berikut adalah beberapa langkah untuk menghindari atau mengatasi virus/malware:

 

antivirus smadav buatan indonesia bisa jadi pilihan antivirus kamu
antivirus smadav buatan indonesia bisa jadi pilihan antivirus kamu

1. Memasang Software Antivirus
Gunakan sistem antivirus terpercaya dan lakukan pemeriksaan berkala terhadap komputer Anda dengan software tersebut untuk mencegah virus masuk dan berkembang.

2. Scan Flashdisk
Flashdisk merupakan sarana empuk penyebaran virus antar komputer. Oleh karena itu, sebelum menggunakan flashdisk, harap selalu memindainya dengan antivirus.

3. Hati-hati dengan kiriman email yang tidak jelas
Malware atau virus bisa disebarkan dengan ditumpangkan pada email. Oleh karena itu harap hati-hati jika mendapat email dari alamat tak dikenal, lebih-lebih jika email itu masuk kotak spam. Lebih baik jangan dibuka, karena bisa jadi isinya adalah virus komputer.

4. Hindari software bajakan
Seringkali malware tersembunyi dibalik unduhan program bajakan. Oleh karena itu usahakan tidak melakukan pengunduhan software dari secara sembarangan dari situs-situs yang tidak jelas.Bisa jadi software yang Anda unduh telah disisipi malware.

5. Update sistem operasi
Update sistem operasi juga bisa sarana ampuh menghalau virus/malware. Hal ini untuk menjaga komputer selalu sehat dan bersih file-file usang atau berbagai bug.

Demikian adalah berbagai tanda adanya virus/malware pada komputer atau PC dan berbagai tips penanggulangannya. Semoga bisa bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *