cara menutup paksa/menghentikan aplikasi di laptop windows yang sedang berjalan di komputer

Kadang-kadang hal yang tidak terduga menimpa kita saat melakukan pekerjaan di laptop atau komputer kita, itu memang sangat menyebalkan penyebabnya tentunya karena banyak hal seperti terjadi bug di dalam aplikasi, Hang, terlalu padatnya lalu lintas perintah mesin laptop dan lain-lain. Yang membuat palaknya lagi kita yaitu aplikasi nya tidak bisa kita close dengan segeranya.

Jika komputer kita di shutdown/restart katanya sih itu kurang bagus terhadap laptop kita. Masih ada cara-cara yang lain yang bisa kita lakukan sebelum melakukan hal terakhir tersebut yang dianggap lebih pantas. lagian kalau kita merestart komputer kita maka akan menghentikan pekerjaan lain yang masih ada.

Oke langsung saja berikut ini saya berikan pilihan-pilihan untuk “cara menutup paksa/menghentikan aplikasi di laptop windows (yang sedang berjalan di komputer) “:

1. dengan end task manager shortcut

cara membuka atau melakukanya: Klik kanan di pilihan menu paling bawah layar di laptop kamu seperti gambar di bawah ini :

start-task-manager
start-task-manager

2. Klik start task manager seperti pada gambar diatas. Disini saya umpamakan aplikasi saya gom player sedang dalam keadaan hank. saya ingin menutup paksanya dengan aplikasi end task manager.

3. setelah itu kamu akan melihat tamplilan aplikasi windows task managernya telah terbuka. jika kamu amati windows task manager itu adalah berisi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di komputer kita. dan selanjutnya karena kita ingin mematikan paksa suatu aplikasi yang sedang berjalan. kamu laksanakan selanjutnya adalah klik kanan pada aplikasi yang sedang berjalan tersebut di windows task manager

tampilan windowstask manager
tampilan windowstask manager

4. klik end task, maka aplikasi kamu telah tertutup dengan sendirinya

5. ini bisa juga kamu lakukan dari tombol menu end task tanpa klik kanan hanya dengan menandai aplikasi yang akan di pahus saja. gunakan ALT+ aplikasi yang kamu tandai yang ingin di tutup paksa.

Dengan Command Prompt Atau disingkat dengan CMD

cmd adalah perintas atau pengaturan komputer bahasa pemogramaan, biasanya orang-orang IT sering mengutak-atik yang ini. Namun tidak ada salahnya juga kita mengutak-atik sedikit untuk menghapus suatu aplikasi kita yang sedang ngadat di perangkat kita.

1. buka windows kamu, ketik Run di aplikasi pencarian dan buka aplikasinya.

menuju ke run komputer
menuju ke run komputer

2. ketikkan CMD pada proram run tadi, dan lalu tekan enter atau OK.

run menuju ke cmd
run menuju ke cmd
tampilan cmd
tampilan cmd

maka tampilan command prompt kamu akan tampil berbentuk hitam putih dan kursor kedap kedip untuk menerima perintah yang kamu tuliskan sebagai user. secara sederhana cmd itu berada di perintah administrator: c:\windows\system32\cmd.exe dan windows yang kamu pakai akan di beritahu lewat cmd seperti yang saya gunakan ini adalah microsoft windows (version 6.1.7600) copyright <C> 2oo9 microsoft corporation.

3. ketikkan di kursor kamu tasklist kemudian enter. Tasklist tersebut berfungsi sebagai mencari semua program yang ada di layar komputer kamu yang sedang bekerja.

cmd tasklist
cmd tasklist
semua aplikasi yang terbuka di task manager
semua aplikasi yang terbuka di task manager

(perhatikan yang dikurung merah diatas) Maka akan Tampil semuanya aplikasi yang sedang berjalan di windows kamu. Hal yang perlu kamu perhatikan disini adalah menu Image Name dan PID. Image name itu adalah nama toolbar yang ada di windowsmu yang sedang berjalan. sedang kan PID itu adalah Kode perintahnya di dalam pemograman laptop kamu. di tampilan itu juga kita dengan mudahnya melihat berapa memori yang dipakai saat menggunakan aplikasi tersebut.

4. lanjut maka sampailah kita ke perintah penutupan aplikasinya. ketik di kursormu selanjutnya adalah taskkill /PID 5092 /F. atau taskkill /Image name GOM.exe /F

yang kamu perhatikan adalah Kode PID atau Image name nya. yang saya matikan secara paksa di laptop saya adalah aplikasi GOM maka perintahnya seperti diatas. maka carilah kode PID atau Image name yang kamu inginkan.

5. jika sudah tekan enter di keyboard mu. maka aplikasimu akan di tutup secara paska dengan otomatisnya

kode perintah mematikan program komputer dengna cmd
kode perintah mematikan program komputer dengna cmd

dan setelah anda enter ada tulisan SUCCES: The process with PID 5092 has been terminate, jika CMD nya berhasil menghapus aplikasinya. Namun jika belum berhasil lakukan langkah ketiga ini.

system configuration start up

1. buka windows kamu dan ketikan di pencarian system configuration, lalu Klik pilih aplikasinya maka jendela aplikasinya telah muncul lalu pilih startup (cara cepatnya bisa juga dengan mencopy kan kode ini di halaman pecarian aplikasi komputermu msconfig.exe )

membuka aplikasi system configuration
membuka aplikasi system configuration
aplikasi system configuration
aplikasi system configuration

2. Nextnya adalah disini yang paling penting. dimana aplikasi-aplikasi semuanya yang tercentang adalah aplikasi-aplikasi yang sedang terbuka. untuk menutup aplikasi nya tinggal hilangin saja ceklisnya untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan atau terbuka.

3. Selanjutnya kamu mungkin akan di beritahu tentang POP-up peringatan bahwa jika kamu memilih restart maka data yang belum disimpan di aplikasi lain di laptopmu mungkin hilang. sebaiknya kalian menyimpanya dulu. Namun enaknya kita juga bisa memilih mengakhiri aplikasinya tanpa memilih merestart dengan pilihan toolbar exit without restart. selesai aplikasimu tertutup dengan otomatisnya

pop up pemberitahuan aplikasi system configuration
pop up pemberitahuan aplikasi system configuratio

 

POWER SHELL

Banyak jalan menuju ke roma itu lah istilah yang sering digunakan, begitu juga dengan menutup paksa aplikasi di laptop kamu. sekarang saat nya dengan aplikasi Windows Powershell yang biasanya aplikasinya telah tersedia di windowsmu.

1. ketikan Windows Powershell di pecarian windowsmu untuk membuka aplikasinya dan klik pilih aplikasinya.

membuka Windows Powershell
membuka Windows Powershell
aplikasi powershell
aplikasi powershell

Tampilan windows powershell sekilas sama seperti tampilan command Promt/CMD. Tentunya bahasa Pemrogramanya lah yang beda. Untuk mencari semua aplikasi yang sedang berjalan di layar komputer kamu silahakn ketik Get-Process di layar user powershell seperti diatas.

Tekan Enter untuk menjalankanya, maka akan tampil semuanya.

2. Gunakan kode perintah Kill -Processname Nama aplikasi ( yang hendak ditutup) cari yang ada tertera di list powershell process nya.

kode menutup paksa aplikasi Powershell
kode menutup paksa aplikasi Powershell

untuk contohnya seperti diatas telah saya pertunjukkan. saya ingin menghapus aplikasi GOM di komputer saya. silahakn pilih aplikasi yang tertera yang henak kamu hapus. kemudian enter untuk menjalankanya. Maka aplikasi kamu dengan terutup sendirinya dengan mudahnya.

Cara Terakhir : DENGAN RESTART, SHuTDOWN ATAU MATIKAN DENGAN TOMBOL POWER

Cara ini memang sangat manjur Namun tidaklah saya sarankan untuk kamu pergunakan. Namun kalau sudah Hank tingkat dewa apa boleh buat. cara ini dianggap pantas sajalah. berikut sekilas tutorialnya.

  1. pilih menu jendela windows, pilih shut down atau restart

    mematikan atau merestart komputer
    mematikan atau merestart komputer

2. Jika cara itu masih ngadat gunakan tombol power. Jika belum bisa juga silahkan cari tukang servis laptop atau banting/bototkan saja laptopmu ganti kan yang lebih baru RAM nya lebih Gede.

power komputer
power komputer

power komputer biasanya seperti gambar diatas di keyboard laptop atau komputer kamu. silahkan tekan matikan dan hidupkan.

Demikian caranya semoga dapat membantu kamu. Terima kasih. salah bersahabat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *