cara menggabungkan video dengan corel video studio x6, X7, x8, x9

corel video studio merupakan salah satu conten manager video yang populer dan banyak di gunakan oleh editor-editor video di indonesia. Bukan tanpa alasan para pengedit dan penggabung video tersebut memilih corel video studio karena kemudahan-kemudahan yang di tawarkan dan gratis bisa di download di jagat maya. Demikian juga kesungguhan dari pihak penggembang  aplikasi corel video studio yang terus menerus menerus mengembangkan aplikasinaya, termasuk bug-bug yang masih kurang di aplikasi sebelumnya.

pengalaman saya saat menggunakan corel video studio x6 dimana masih banyak kekurangan-kekurangan yang masih terjadi sebelum saya mengedit video. semisalnya belum semua video yang di dukung saat kita menyeret memasukkan videonya ke dalam aplikasinya tersebut, kelemahan lainya adalah saat kita menyimpan hasil video kerja kita belum Suppornya segala video saat menyimpan video dalam ukuran yang sama seperti aslinya.

Berdasarkan hal Tersebut makanya saya berangkat mendownload aplikasinya corel video studio x9 yang menurut saya semua yang di ragukan di aplikasi sebelumnya sudah mulai mendekati sempurna.

Lalu bagaimanakah proses penggabungan video di corel video studio untuk pemula, berikut ini kami sajikan Tutorialnya :

1. Buka aplikasi corel video studiomu, lalu klik browse untuk memasukkan video yang ingin kamu gambungkan, tinggal seret saja masukkan ke dalam.

memasukkan video ke corelvideo Studio
memasukkan video ke corelvideo Studio

tanpa menekan browse pun sebenarnya bisa, tinggal seret saja ke pengdit video. silahkan seret beberapa video langsung ke jalur seeting yang sama.

2. Sebenarnya bisa kita langsung menggabungkanya, Namun bisa juga kita dahulu mengedit video. seperti menambah video pembukaan atau ending video, membuat logo video, tulisan tittle video, memotong video dan lain-lain.

– MEMOTONG VIDEO

kadang kala kita ingin sekali membuang sedikit moment video yang kita anggap tidak perlu atau tidak cocok dengan video itu, di corel video studio itu sangat lah gampang sekali di lakukan baik itu videonya di awal,akhir maupun ditengah-tengah video.

cara mennggabungkan video di corelvideo studio
cara mennggabungkan video di corelvideo studio

Perhatikan gambar diatas, yang gambar diatas yang berwarna gunting adalah pemotong videonya, itu berguna jika kita ingin memotong/membuang video yang ada di tengah-tengah video, jadi potong lah video nya pas dimana bagan yang ingin kamu buang.

Trik memotong videonya adalah ada 2 cara :

  1. memilih video nya yang di bawah dan tinggal menyeretnya kekiri atau kekanan
  2. menyeret pada bagian di barisan tanda gunting diatas yang warna kuning, Namun pada cara no 1 adalah yang paling efektif di lakukan

– menambah tulisan di dalam video, membuat ending atau pembukaan video dll

menambah pembuka dan penutup video pada corelvideo studio
menambah pembuka dan penutup video pada corelvideo studio

Lihat lah gambar yang di tunjukan warna merah diatas, semuanya bagan itu adalah tombol aksesoris untuk mempercantik video kamu seperti yang sudah di sebutkan diatas. Kamu bisa menambahkan tittle video kamu, dan menambahkan gambar template dan lain-lain.

Terakhir endingnya menyimpan video kita.

menyimpan video yang telah di edit di corelvideo studio
menyimpan video yang telah di edit di corelvideo studio

1. Create video file : adalah menyimpan video seperti biasanya langsung di simpan di dalam laptop atau data base kita ada same as project settings merupakan menyimpan video yang di rekomendasikan oleh program corel vidoe studio, sedang same as firs video clip merupakan menyimpan video sama seperti video dari awal, Jika ukuran video yang anda sambung adalah beda beda maka ini tidak bisa di pilih. anda bisa merubah videonya menjadi mpeg, DV, HDV, DVD, Blu-ray, AVCHD, WMV, MPEG-4, Ultra HD(4k), 3D, dan Custom

proses penyimpanan video di corel video studio
proses penyimpanan video di corel video studio

2. Create sound file : fungsinya adalah mengubah/convert video kita menjadi sebuah video rekaman atau biasa nya sering kita mendengar dengan nama mp3 dan sejenisnya

3. create to disc : adalah menyimpan video kita ke DVD atau CD, atau sering kita menamainya dengan burning

4. Export to mobile Device : adalah menyimpan video yang kita buat atau gambungkan ke handphone atau berjenis mobile. Biasanya video mp4 atau sejenisnya tidak bisa di tampilkan di handphone. jenis video seperti gambar di bawaha dalah contoh jenis yang masuk berdasarkan jenis dan handphone nya.

menyimpan video ke handphone di corel video studio
menyimpan video ke handphone di corel video studio

5. Project playback : adalah memutar video yang kita hasilkan di layar yang lebih besar

6, 7. 8. menyimpan video berdasarkan kemana tujuan video yang terkenal di pakai orang. seperti nomor 8 adalah video ke web : kita mengetahui bahwa biasanya website berbeda-beda jenis video yang di unggulkan agar terlihat HD. seperti youtube biasanya standar HD nya adalah berukuran 1280;720. silahkan pilih kemana anda mengupload seperti ke Facebook, vimeo dan lain-lain.

baca juga : adjust brightness in windows ( merubah cahaya layar laptop)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *